Cara mengempeskan jerawat yang meradang

Cara mengempeskan jerawat yang meradang - Ketika seseorang berbicara tentang jerawat pasti setiap orang tidak asing lagi karena hampir semua orang memiliki masalah kulit yang satu ini, baik muda maupun tua, Jerawat adalah suatu keadaan dimana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang, jerawat biasanya diakibatkan oleh beberapa faktor seperti  kurangnya menjaga kebersihan kulit atau produksi hormon yang berlebih.

Jerawat kadang membuat kita tidak percaya diri, mood menurun untuk melakukan aktifitas, kadang juga akan terasa sakit apalagi jika jerawat sudah sampai batas meradang biasanya terjadi karena kita sering menyentuh dan memencet jerawat yang baru muncul. Kalau sudah timbul jerawat seperti ini pasti anda akan segera mengatasi dengan produk-produk penghilang jerawat , sebelum anda memutuskan untuk memakia produk-produk tersebut tidak ada salahnya anda mencoba mengatasi dan mengempeskan jerawat menggunakan bahan-bahan alami yang ada disekitar kita, seperti :

Baca Artikel Kami Sebelumnya :

Cara mengempeskan jerawat yang meradang


1. Kayu manis dan madu
Cara mengempeskan jerawat yang meradang

Masker kayu manis dan madu ini berfungsi untuk mengatasi jerawat yang meradang dan membantu mengempeskan jerawat, caranya campurkan sedikit  bubuk kayu manis dan madu secukupnya aduk hingga rata lalu oleskan pada bagian yang berjerawat kurang lebih selama 15-20 menit lalu bilas dengan air. Anda juga bisa memakainya ketika malam hari lalu diamkan sampai keesokan harinya setelah itubilas dengan air bersih.

2. Tomat
Cara mengempeskan jerawat yang meradang

Buah tomat mengandung vitamin A, vitamin C dan vitamin B1, kalsium, belerang dan kaya akan kandungan zat besi yang membantu untuk mengatasi jerawat yang membandel. Caranya cukup dengan memotong buah tomat menjadi beberapa bagian lalu oleskan ke wajah yang berjerawat tunggu sampai 15 menit kemudian bilas dengan air bersih

3. Daun sirih
Cara mengempeskan jerawat yang meradang

Daun sirih memiliki antibiotik alami yang sangat baik untuk kulit, mampu mengobati dan mengatasi  peradangan pada kulit termasuk jerawat. Untuk menggunakan daun sirih ini dengan cara merebus 3-5 lembar daun sirih dengan sedikit garam, setelah itu diamkan sampai terasa hangat lalu celupkan kain bersih pada air daun sirih setelah itu kompreskan pada wajah atau anda juga bisa gunakan air daun sirih ini untuk mencuci muka.

Cara mengempeskan jerawat


4. Bawang putih 
Cara mengempeskan jerawat yang meradang

Bawang putih dapat digunakan untukmengobati jerawat karena mengandung anti-bakteri dan anti-viral yang dapat mengurangi peradangan pada kulit. Bawang Putih mengandung minyak astiri yang tinggi sehingga memiliki kemampuan antibakterial dan antiseptik. Karena itu, bawang putih bisa digunakan untuk mengangkat minyak, mendinginkan kulit yang meradang dan mengempeskan jerawat. Bawang putih juga mengandung komponen zat organosulfur yang bernama allicin. Zat ini memiliki kemampuan untuk menghaluskan dan melembutkan tekstur kulit, serta mampu membantu menghilangkan strech-marks. Cara menggunakan bawang putih ini adalah dengan menghancurkan beberapa buah bawang putih hingga berbentuk pasta lalu oleskan bawang putih ditempat yang berjerawat diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

5. Es Batu
Cara mengempeskan jerawat yang meradang

Jerawat yang sedang bengkak dan merah bisa dikempeskan menggunakan es batu. Caranya dengan membungkusnya es batu dengan kain yang bersih lalu oles-oleskan pada bagian atau daerah yang berjerawat, es batu akan membuat daerah berjerawat lebih tenang dan rasa dinginnya es batu akan membantu mengatasi kelebihan minyak yang bisa membuat jerawat meradang.

6. Air hangat
Cara mengempeskan jerawat yang meradang

Uap yang tekandung dalam air hangat akan membantu membuka pori-pori kulit sehingga mudah membersihkan kulit dan memungkinkan kulit bisa bernafas. Ini membantu menyingkirkan minyak, kotoran dan bakteri yang terperangkap dalam pori-pori yang dapat menyebabkan infeksi atau peradangan pada kulit. Anda dapat menggunakan air hangat untuk membilas dan mencuci muka, juga dapat mengompres dengan menggunakan handuk atau kain bersih yang sebelumnya dicelupakn kedalam air hangat atau anda dapat membiarkan muka anda bersentuhan dengan uap air secara langsung dengan menaruh air hangat pada wadah dan mendekatkan muka anda pada wadah.

Tips mengempeskan jerawat



Cara mengempeskan jerawat yang meradang - Setelah jerawat yang meradang teratasi sebaiknya anda juga memperhatikan kebersihan kulit dengan cara rajin mencuci muka sehabis melakukan aktifitas diluar ruangan, mencuci muka sebelum tidur, perbanyak asupan serat seperti yang terkandung pada sayuran atau buah-buahan serta di istirahat dan melakukan olah raga yang teratur agar tidak menyebabkan stress yang memicu ketidak seimbangan hormon yang membantu timbulnya jerawat.

Bagikan ke

Artikel Menarik Lainya